12 Oktober 2017

H-1 Menikah: Prosesi Siraman

Ekpresinya sudah sebelas-dua belas kan sama Raisa pas upacara siraman? #yha #skip


H-1 menikah, air mata saya luber selubernya.
Waktu itu tanggal 30 April 2016, di rumah diadakan pengajian dan prosesi siraman. Artinya, saya harus menyiapkan diri untuk "berpamitan" dan "meminta izin menikah" kepada kedua orangtua saya. Sekuat apapun dan sepede apapun saya menahan agar nggak nangis, tetap saja praktik lebih susah dilakukan daripada teori, haha.

Awalnya saya nggak kepikiran untuk pake acara siraman sebelum nikah. Tapi budeh saya bilang "Sayang lho, Ra, mending pake acara siraman sekalian. Nikah kan sekali seumur hidup, kapan lagi punya pengalaman kayak gini?"
Dan setelah dipikir-pikir, iya juga sih. Apalagi tema pernikahan yg saya pakai yaitu adat Jawa (pokoknya Jawa banget! hehe). Jadi prosesi siraman sih ya udah mesthi sepaket diadain :)




Buat saya, selain pengalaman bisa ngerasain prosesi siraman dalam rangkaian upacara adat pernikahan Jawa (yg biasanya cuma saya pelajari selama kuliah di Sastra Jawa UI), ini adalah saat-saat di mana saya mencurahkan segala rasa yg ada ke orangtua saya. Dari rasa terima kasih karena telah merawat saya hingga saya dewasa, dengan cinta dan kasih sayang. Juga rasa permohanan maaf yg mungkin sulit dan nggak pernah saya mampu utarakan selama saya hidup kepada mereka, atas semua kesalahan-kesalahan saya sebagai anak. Sampai akhirnya, inilah waktu di mana saya diberikan kesempatan untuk yg terakhir kalinya "meminta" kepada orangtua saya, yaitu dinikahkan dengan pria pilihan saya sendiri. :""")



Sebetulnya saya udah tau kalau di prosesi siraman ini bakal ada acara nangis-nangisan pas saya baca teks yg isinya ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan meminta izin menikah. Apalagi teks yg dibuatin MC nya ini luar biasa kata-katanya (luar biasa bikin haru yg denger, apalagi yg baca! T.T).

Saya inget banget, baru pegang mic-nya aja tiba-tiba mata udah berkaca-kaca dan urat-urat wajah bikin jadi pengen nangis dengan sendirinya. Padahal belom juga dibaca itu teks isinya apa. Tapi kok suasananya itu loh tiba-tiba jadi bikin mbrebes mili. Apalagi pas lihat papa, mama, dan mbah uti udah duduk sambil nunduk (ngapain? ya nahan air mata juga xD)

Akhirnya, hari itu saya lebih banyak tarik nafas dari pada baca teks dengan artikulasi yg jelas. Baru kali ini loh saya baca teks sambil nangis. Itu kertasnya sampai basah karena beberapa kali kena rintik air mata saya. Rasanya setiap kata yg ditulis MC-nya bikin ngena hati. Nggak kuaaatttt. Bikin jadi inget masa-masa kecil hingga saya dewasa, selalu ada papa dan mama yg bimbing dan terlibat sepenuhnya dalam hidup saya. Setelah ini, tanggung jawab mereka berpindah pada laki-laki yg akan menjadi suami saya. Ah... meski lebay kalau dibilang ini perpisahan karena setelah nikah pun saya masih tinggal sama papa mama, tapi tetep aja kan.... setelah saya jadi istri Mas Rizky, orang tua saya lepas tanggung jawabnya. Orang yg pertama kali saya hormati dan cari, bukan lagi orangtua tapi suami.

Bacaan teks saya dibalas langsung oleh papa saya. Hari itu saya lihat papa lebih kuat dari saya untuk mengatur emosinya. Tapi mama sama mbah uti nggak bisa, saya lihat mereka sudah adu lomba ngelap air mata pakai tisu xD Kalau diinget-inget sekarang sih lucu, tapi waktu itu bikin tambah mewek yg lihat haha. Nggak nyangka juga, keluarga dan beberapa tamu yg nonton pun ikutan nangis wkwk.





Usai tangis-tangisan dan sungkeman, lanjut ke acara inti yaitu waktunya "diguyur" haha. Air yang dipakai untuk acara siraman ini diambil dari 7 mata air yg berbeda, waktu itu kami ambil mudahnya dengan mengambil dari 7 masjid yg berbeda. Orang-orang yg akan "menyiram" saya pun dipilih, salah satu syaratnya adalah yg hingga kini masih bersuami dan bukan "pernikahan sambungan". Kenapa? Karena katanya diharapkan calon pengantinnya akan langgeng pernikahannya, makanya yg "menyiram" pun yg pernikahannya masih utuh sejak menikah hingga saat ini. Bukan yg sudah dua atau tiga kali menikah ataupun yg (maaf) sudah janda. Wallahu'alam yaa... ini percaya gak percaya. Namanya juga prosesi adat.

Kalau saya pribadi, melakukan prosesi adat dalam pernikahan saya sebagai wujud rasa untuk melestarikan budaya dan buat seru-seruan aja. Penasaran juga soalnya selama kuliah mempelajari banyak upacara adat Jawa, masa iya pas giliran saya nikah eh dilewatkan begitu saja kesempatannya hihihi :p

Hari itu sayangnya hujan dereeeeessss banget. Bikin suasana makin dingin. Bahkan perias saya bilang biasanya air untuk siraman itu dingin. Dinginnya itu pake banget. Pokoknya airnya beda gitu rasa dinginnya. Tadinya saya nggak percaya sampe akhirnya diguyur dan bbbrrrr. Beneran dingin dan saya harus ngerasain air itu sebanyak  kali karena tiap orang menyiram 3 kali. Gayungnya kecil sebetulnya, tapi lumayan bikin mengigil hahaha.






Kelihatan sekali perbedaan raut wajah waktu lagi proses penyiraman. Dari haru masih kebawa nangis-nangis pas baca teks, terus mulai bisa senyum, dan akhirnya ketawa lebar hehehe. Adegan digendong papa itu lumayan mengagetkan loh. Soalnya takut papa nggak kuat atau malah kepeleset pas mau gendong saya karena lantainya licin dan becek. Ternyata, badan saya lumayan enteng kayaknya bisa langsung diciwir begitu haha. Well... itu terakhir kalinya saya digendong papa. Bahagia rasanya, tapi sedih juga :")

Souvenir Siraman untuk ibu-ibu yang nyiram saya.
Souvenirnya sederhana isinya handuk & sabun. Dekorasi papaerbagnya pun saya buat sendiri.


Selagi saya mengeringkan diri di kamar dan harus ganti baju secepat kilat, acara selanjutnya yg paling seru yaitu mama papa jualan dawet! Ah sayang banget nggak bisa ikut menyaksikan. Kayaknya rame banget soalnya kedengeran sampai dalam rumah hihi. Usai jualan dawet, saya yg sudah rapi ganti baju, lalu duduk bareng mama papa untuk disuapi.

Nah, ini dilema banget! Posisi saya saat itu lagi dipingit dan mutih. Sudah 3 hari hanya makan nasi putih pakai tahu rebus, kentang rebus, dan telor rebus bagian putihnya. Minum pun hanya air putih atau susu beruang. Begitu acara siraman ada prosesi disuapin nasi kuning dan nyicipin dawet itu rasanya bagaikan ketemu air di padang pasir xD Aji mumpung, tapi nggak banyak juga sih porsi yg boleh di makan. Cuma secuil thok. 






Ohya, maaf ya ini cerita tentang upacara adat siramannya nggak berurutan. Sebetulnya ada urutan-urutannya seperti saat papa pasang bleketepe di depan rumah, nanem potongan rambut saya, dan lain sebagainya yg saya juga lupa urutannya apa lagi hehe dan itu semua ada maksud/artinya menurut orang Jawa. Mungkin akan saya ulas lebih detail tentang upacara siraman dalam adat Jawa di postingan berikutnya.

Meski idealnya saya ingin menikah dengan prosesi yg adat Jawa banget, tapi ada beberapa prosesi yg nggak kami adakan seperti upacara midodareni. Harusnya usai acara siraman ini saya dipingit dan melakukan upacara midodareni. Nah, berhubung urutan acara pernikahan saya nggak pakai acara keluarga laki-laki datang beserta rombongan bawa seserahan, makanya midodareni-nya ditiadakan. Kami sepakat seserahan dilakukan pada hari H sebelum akad nikah.


Fotonya agak gelap karena mendung banget. Eh ada jagoan baru nongol xD

Alhamdulillah acara siraman berjalan lancar, meski hujan sampe acara selesai belum berhenti juga. One step closer, right? Usai acara saya kembali ke kamar, melanjutkan pingitan hehe. Bahkan masih harus "disikep" (semacam ratus tradisional gitu deh, biar makin manglingi).

Kurang lebih saya puas dengan setiap elemen pendukung acaranya dari dekorasi, MC, penata rias. Cukup rapi dan memang MC nya bagus seperti yg direkomendasikan oleh Tante Karina sebagai owner WO yg saya pakai jasanya. Tante Karina itu owner dari WO Sanggar Karina Pesona Pesta sekaligus penata rias saya dan mama. Wardrobe seperti kain siraman & beskap papa juga dari dia. 

Kekurangannya cuma satu sih... saya nggak siap dengan baju ganti setelah siramannya :( sementara siraman waktu itu dilakukan di rumah budeh karena rumah saya sudah penuh untuk tempat masak wkwk. Tapi untung banyak yg bantu jadi masalah-masalah kecil bisa teratasi semua.

Sekian ya cerita tentang prosesi Siramannya. Sampai jumpa di lain cerita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar